Jumat, 23 September 2011

Beberapa Ide untuk Memulai Industri Kecil

Memulai usaha dalam bidang industri kecil memang akan membantu perekonomian keluarga, khususnya yang tidak mempunyai modal besar. Wirausaha modal kecil ini biasanya diminati oleh kelompok pemula. Karena biasanya dalam industri kecil dengan enterpreneurship modal kecil diharapkan ketika usaha tidak berkembang terlalu baik maka tidak mengalami kerugian yang terlalu besar. Contoh wirausaha yang dapat dilakukan dengan modal kecil diantaranya adalah usaha kuliner.
Berbicara mengenai industri kecil ini Kita akan turut serta juga memberdayakan masyarakat sekitar. Meskipun tidak memerlukan karyawan dalam jumah yang besar, namun setidaknya industri kecil ini akan memberikan angin segar untuk masyarakat sekitar. Selain mereka bekerja namun mereka dapat juga mendapatkan keahlian dan jika memungkinkan mereka dapat membuka sendiri usaha yang sama. Wirausaha modal kecil ini juga tidak terlepas dari yang namanya resiko kegagalan. Karena itulah sebelum memutuskan untuk membuka industri kecil, kreatifitas untuk merancangnya diperlukan. Berikut ide-ide untuk memulai industri kecil.
1. Mulailah untuk membuka industri kecil di tempat yang strategis. Tempat strategis ini bukan hanya terletak di pusat kota, namun lebih kepada tempat yang mudah diakses. Akan lebih baik lagi membuka bisnis kecil ini di daerah yang sama sekali belum ada industri kecil yang sejenis. Karena hal ini akan membuka kesempatan berkembang lebih besar. Anda bisa memulai membuka bisnis ini di daerah baru yang baru dibuka atupun baru diresmikan. Sebagai contoh Anda bisa membuka di kawasan transmigrasi baru. Contoh wirausaha yang dapat Anda buka di daerah ini adalah kuliner. Untuk contoh wirausaha yang satu ini sepertinya memang tidak akan pernah mati.
2. Mulailah dengan hal unik. Tidak dapat dipungkuri dalam berwirausaha jiwa kreatifitas sangat dituntut. Bagaimana tidak, dengan adanya kreatifitas baru Kita akan dapat menguasai pasar. Biasanya masyarakat cenderung lebih menyukai hal-hal yang baru dengan sesuatu yang unik. Tidak mengherankan jika banyak dari Kita yang mencari cara agar yang dihasilkan adalah sesuatu yang berbeda dari kebanyakan serta memiliki nilai yang tinggi. Hal unik ini, contoh wirausaha yang Kita pilih adalah di bidang kuliner ataupun makanan, untuk menarik konsumen Kita bisa sajikan menu dengan nama yang unik. Seperti contoh usaha kuliner yang menggunakan tokoh-tokoh mistis, atau kuliner dengan nuansa cinta.
3. Mulailah industri dari hal yang kurang berguna. Pada saat sekarang ini Kita harus dapat memutar otak menghasilkan sesuatu yang kreatif dan juga bermanfaat. Jika perlu hal-hal yang dianggap limbah untuk orang lain, dapat dimanfaatkan. Sebagai contoh wirausaha yang bisa dilakukan adalah pengolahan limbah organik yang dapat digunakan sebagai pupuk. Anda bisa memanfaatkan serbuk gergaji, sekam padi dan juga kotoran hewan dan juga beberapa mikro organisme yang efektif. Wirausaha modal kecil ini dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Usaha ini tidak memerlukan pengelolaan yang begitu rumit dan yang pasti modal yang tidak terlalu besar serta minim resiko. Selain itu usaha sejenis ini ramah lingkungan.
4. Mulailah dengan membuka usaha penyewaan. Jika Anda berada di daerah yang cukup jauh dari ibu kota, rasanya membuka usaha penyewaan kendaraan dapat dilakukan. Hal ini mengingat transportasi sangat dibutuhkan sebagai alat penyambung kaki, apalagi untuk daerah yang agak jauh dari pusat kota.
Nah sudah siap untuk memulai industri kecil Anda?

by : http://iuang.com/pengusaha-muda/beberapa-ide-untuk-memulai-industri-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar